Rabu, 01 Agustus 2018

MENIKMATI DEMOKRASI "Strategi Dakwah Meraih Kemenangan"

2. PROYEK PERADABAN KITA (bag.1)

       SEJAK AWAL kita sudah menetapkan misi dakwah ini. Yang ingin kita raih adalah ridha Allah swt. dengan beribadahkepadaNya. Dan, ibadah itu berupa menerapkan dan menyamai seluruh kehendak-kehendak Allah swt.--yang Ia turunkan dalam bentuk syariat(agama)-- dalam kehidupan kitasebagai individu, masyarakat dan negara. Maka, kerja kita dalam dakwah ini adalah membangun sebuah kehidupan berdasarkan disain Allah swt.

       Membangun sebuah kehidupan yang Islami, dengan begitu, adalah cita-cita dakwah kita. Tentulah itu merupakan pekerjaan berat yang sangat melelahkan, membutuhkan waktu panjang yang melampaui umur individu bahkan umur generasi. Ia juga memerlukan sumberdaya manusia dalam lapisan masyarakat untuk semua sektor kehidupan dengan semua jenis profesi dan keahlian. Selain itu, ia juga membutuhkan sumber daya fisik dan dukungan financial yang sangat besar. Dan dari itu semua, ia membutuhkan energi ruhiyah dan semangat jihad serta elan vital yang dahsyat; konsep, metode dan sistematika perjuangan yang jelas lagi mantab; gagasan dan pemikiran brilian serta inovasi yang berkesinambungan; kepemimpinan yang kuat dengan organisasi yang solid.

      Membangun kehidupan yang islami adalah sebuah proyek peradaban raksasa. Proyek besar bertujuan merekonstruksi pemikiran dan kepribadian manusia muslim agar berpikir, merasa dan bertindak sesuaidengan kehendak Allah swt. atau dengan referensi Islam. Kemudian membawa manusia muslimbaru iti kedalam kehidupan nyata, dengan kesadaran barunya, atau menata ulang seluruh sektor kehidupan masyarakatnya agar hidup dengan budaya, sistem, hukum dan institusi yang seluruhnya jelmaan kehendak-kehandak Allah swt. Kemudian umat muslim yang baru itu, yang telah menjadi model representatif dari kehendak-kehendak Allah swt. keluar dari dirinya sendiri melampaui wilayah kepentingan spesifikasinyauntuk menebar bunga hidayah dan rhmat kepada seluruh umat manusia. menciptakan tamn yang seimbang  dimana setiap orang menemukan keamanan yang diciptakan oleh keadilan dan kenyamanan yan dilahirkan oleh kemakmuran, dimana setiap orang merasakan kemudahan yang diciptakan olaeh ilmu pengetahuan dan harapanserta optimisme yang dilahirkan oleh agama. Proyek peradaban ini bertujuan menciptakan taman kehidupan dimana bunga-bunga kebaikan, kebenaran dan keindahan tumbuh berssemi. Dan taman itulah yang kelak menjadi saksi kemanusiaan dan sejarah.

      "Dan demikianlah kami jadikan kamu sebagai umat pertengahan, supaya kami menjadi saksi atas manusia dan supaya Rasul itu (Muhammad saw) menjadi saksi atas kamu sekalian."  Q.S. Al-Baqarah: 143)

       Pekerjaan-pekerjaan dakwah untuk menyelesaikan proyek itu harus dilakukan dalam 4 taha: Pertama, membangun sebuah organisasi yang kuat dan solid sebagai kekuatan utama yang mengoperasikan dakwah. Inilah yang kita sebut dengan mihwar tanzhimi.  Organisasi ini adalah tulang punggung dakwah dan karenannya harus kuat memikul beban berat dalam waktu yang panjang. Supaya tulang punggung itu kuat, harus diisi oleh orang-orang yang juga kuat dan tangguhdalam seluruh aspek kepribadian. sebab merekalah sesungguhnya yang disebut sebagai pemimpin umat atau lokomotif yang akan membawa gerbong panjang umat ini. Untuk mencetak pemimpin-pemimpin umat itu, kita memerluka proses pembinaan dan kaderisasi yang sistematis, integral, dan waktu yang cukup panjang.

      Merekalah yang dipilih untuk dikader dan dibina haruslah orang-orang terbaik yang ada di masyarakat. Mereka memiliki bakat, intelegensi dan kesiapan dasar untuk melakukan pekerjaan besar serta memikul amanah yang berat. Karenanya inilah mesin pencetak pemimpin-pemimpin umat.

      Kedua, ...
       

Tidak ada komentar: