Sabtu, 15 Desember 2012

PENTOL HALAL PALSU

Ilustrasi (doc)
Logo halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) terdapat di bagian tengah kemasan bakso merek Planetaria 56 dinyatakan positif mengandung daging babi. Hanya saja, lingkaran pada logo MUI yang biasanya berwarna hijau, dalam kemasan tersebut berwarna biru.

Seorang pedagang sayur di Pasar Tomang Barat, Acung, 40, menegaskan tidak tahu menahu jika bakso dagangannya mengandung daging babi. “Ada tulisan MUI dan halalnya, itu patokan saya. Tidak tahu kalau ada kandungan daging babinya,” kata dia di Jakarta, Jumat (14/12).

Acung yang sudah 10 tahun berdagang di Pasar Tomang Barat ini pun kaget ketika diberi tahu bakso yang dijualnya mengandung daging babi. Ia pun menanyakan kepada pihak Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat mengenai siapa saja pedagang di pasar ini yang baksonya mengandung daging babi. Namun, pihak suku dinas mengatakan hanya baksonya yang positif mengandung daging babi. “Bakso ini dari agen di Jalan Fajar, Jelambar. Tetapi sales-nya yang mengantar ke sini, bukan saya yang ambil,” imbuhnya.

Acung melanjutkan, bakso merek Planetaria 56 baru sekitar tiga bulan. Ia pun hanya mengambil 3-4 kantong dari sales yang mengantarkan. Karena, bakso merk Planetaria 56 kurang laku dibanding merk Kebon Jeruk dan Monalisa. Harga satu kantong bakso merk Planetaria 56 berkisar Rp57-58 ribu isi 50 butir, untuk satuan dihargai Rp1.300. “Pembelinya kalangan tertentu saja, mahal. Bakso Kebon Jeruk isi 50 Rp35 ribu atau Rp800 per butir. Kalau Monalisa isi 100 harga Rp85 ribu atau Rp900 per butir,” tegasnya.

Acung pun mengaku kecewa, karena logo halal yang menjadi patokannya ternyata tidak sesuai. Ia pun tidak akan menjual bakso merek itu lagi. Acung juga menduga, sales yang biasa mengantar bakso pun akan segera menghilang. “Kami jadi resah, nanti jadi tidak laku bakso satuan yang dijual oleh pedagang. Kemarin itu ditawari oleh sales ada bakso merek ini, ya sudah saya coba ambil dan jual. Kalau tahu mengandung daging babi ya tidak dijual,” tuturnya.

Tiga kemasan bakso merek Planetaria 56 pun segera disita oleh Pihak Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat. Acung pun segera naik ke kantor pengawas Pasar Tomang Barat. (*/OL-04/MICOM)

Sumber: dakwatuna.com

Tidak ada komentar: