Selasa, 07 Juli 2020

“ALLAH, MUDAHKAN AKU MENDAPATKAN TEMAN YANG SHALIH” KARYA M. LILI NUR AULIA

Dikutib dari Majalah Tarbawi (edisi 212 Th.11)

Ibrahim An Nakh’I pernah menyampaikan kisah yang didengarnya dari Alqamah, seorang perawi hadits yang wafat tahun 62 H. “Aku pernah pergi ke Syam dan memasuki sebuah masjid dan mengucapkan do’a, “Allahumma yassir lii jaliisan shaalihan” (Ya Allah mudahkanlah bagiku untuk mendapatkan teman yang shalih). Aku lalu duduk begitu saja di salah satu tempat di masjid tersebut. Tak lama kemudia datang seorang tua yang duduk disampingku. Aku bertanya kepada jamaah yang lain, “Siapa dia?” Mereka memberitahu bahwa orang yang baru datang itu adalah Abu Darda Radhiallahu Anhu. Aku lalu mengatakan padanya, “Tadi aku berdoa kepada Allah SWT agar memudahkan bagiku mendapat teman duduk yang baik. Lalu ternyata Allah SWT memudahkanmu untuk bisa menjadi temanku.” “Dari mana anda?” Alqamah menjawab, “Dari Kufa.” Abu Darda lalu bertanya lagi, “Bukankah di antara kalian atau dari kalian, ada seorang pejaga rahasia yang tidak diketahui orang lain kecuali dirinya (maksud Abu Darda adalah Kudzaifah ra)?”Alqamah mengiyakannya. “Bukankah ada di antara kalian atau dari kalian orang yang dilindungi oleh Allah SWT dari syaitan melalui lisan Nabi-Nya shallallahu alaihi wa sallam (maksud Abu Darda adalah Ammar bin Yasir ra)? Alqamah mengiyakannya lagi.

Saudaraku,
Teman yang shalih. Teman yang kata-katanya memberi manfaat. Teman yang ucapannya membawa hikmah, memberi kesejukan, membuka kesadaran, menguatkan iman, mempertajam fikiran, melembutkan hati. Teman yang shalih.
Do’a dan permohonan mendapatkan teman yang shalih, adalah kebiasaan orang-orang shalih itu sendiri. Imam Turmudzi dan An Nasai dari Hadits bin Qubaisha mengatakan, “Aku pernah datang ke Madinah dan berdo’a, Allahumma yassir lii jaliisan shaalihan.” Aku lalu duduk di samping Abu Huraiah radhiallahu’anhu. Aku mengatakan, “Tadi aku meminta kepada Allah agar diberi rizki teman yang shalih.” Lalu Abu Hurairah membacakan kepadaku hadits dari Rasulullah SAW yang diharapkan bisa bermanfaat untukku. Abu Huarairah ra mengatakan , “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Pertama kali yang dihisab seorang hamba dari amal-amalnya adalah shalatnya. Jika shalatnya benar maka ia berhasil dan sukses. Dan jika shalatnya rusak, maka ia merugi. Jika ada yang kurang dilakukan dari kewajibannya, berkata Rabb azza wa jalla: “Lihatlah apakah ada ibadah sunnah yang dilakukan hamba-Ku?” Lalu hal itu yang akan menyempurnakan apa yang kurang dari kewajibannya. Kemudian dihisablah seluruh amalnya dengan modal itu.”
Ini permisalan yang terjadi di generasi mereka orang-orang shalih. Mendapatkan teman yang shalih ada dalam do’a mereka. Memperoleh orang yang bisa mengingatkan pada akhirat, kepada Allah, mengingatkan keimanan, menjadi bagian dari obsesi mereka ketika hadir di suatu tempat. Dan di zaman itu, mereka lebih mudah mendapatkannya.
Mungkinkah kita berdo’a yang sama, “Allahumma yassir lii jaliisan shaalihan” sekarang?

Saudaraku,
Kesendirian barangkali lebih baik dari pada memiliki teman yang buruk. Alasannya adalah, dalam kesendirian seorang akan bicara pada dirinya sendiri. Lintasan fikirannya, jika itu keburukan, akan sampai pada jiwanya sendiri, dan dalam batasan itu, syariat masih memafkannya. Tapi teman yang buruk akan menyampaikan lintasan fikiran buruk itu pada orang yang menemaninya dan akan mengajaknya melakukan keburak itu dengan sikap-sikapnya.
Maka Abu Darda ra pernah mengatakan, “Teman yang shalih itu lebih baik dari pada kesendirian. Dan kesedirian itu lebih baik dari pada mendapat teman yang buruk. Orang yang mengajak pada kebaikan lebih baik dari pada orang yang diam. Tapi orang yang diam lebih baik dari pada orang yang mengajak pada keburukan.” Bahkan Ibnu Hibban mengatakan, “Orang yang berakal tidak akan mau menemani orang yang jahat. Karena pertemanan dengan orang yang jahat itu adalah potongan dari api neraka. Memberi rasa panas, tidak memuculkan ketenangan dan cenderung melanggar apa yang perah dijanjikan.”

Saudaraku,
Persoalan teman, bagi orang-orang shalih begitu penting. Kekeliruan dalam berteman, bisa mengakibatkan perkara yang tidak sederhana. Karena mereka sangat berhati-hati memilih teman, demi memelihara dirinya. Mereka sangat sensitif memilih komunitas aman tempatnya berinteraksi, untuk menghindari diri dari keadaan yang menjebak pada kesalahan.

Saudaraku,
Mari sama-sama berdo’a, “Allahumma yassir lii jaliisan shaalihan..”
Tak hanya persoalan memilih teman, tapi terlalu banyak berteman dan bergaul pun, bagi orang-orang shalih dianggap memiliki dampak yang kurang baik bagi jiwa. Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya berlebih-lebihan dalam bergaul merupakan penyakit parah yang mendatangkan semua kejelekan. Betapa banyak pergaulan dan persahabatan itu menghilangkan nikmat, menabur benih permusuhan dan menanamkan rasa sakit didalam hati yang mampu melenyapkan gunung yang kokoh, sementara rasa sakit dalam hati tersebut tidak akan hilang. Sehingga berlebihan dalam bergaul merupakan kerugian dunia dan akhirat. Hanya saja seorang hamba sepantasnya mengambil dari pergaulan itu sebatas kadar kebutuhan.” (Bada”I’ul Fawa’id/231)
Lebih mendalam lagi, simaklah komentar Ibnul Jauzy rahimahullah ini. “Hampir tidak ada yang menyukai banyak berkumpul dengan manusia kecuali (hati) yang kosong. Karena hati yang tersibukkan dengan al-haq akan lari dari makhluk. Ketika hati kosong dari mengetahui al-haq, dia pun tersibukkan dengan makhluk. Sehingga dia pun beramal untuk dan karena mereka dan dia binasa karena riya’ tanpa dia mengetahuinya’.” (Shahidul Khathir/217)

Saudaraku,
Kita memerlukan waktu-waktu untuk menyendiri, menyepi, mendengarkan nafas dan berbicara pada jiwa. Sayyid Quthb rahimahullah berpesan, “Jiwa yang diarahkan agar memiliki pengaruh dalam realitas kehidupan, lalu merubahnya pada orientasi yang lain, harus menjalani khalwat (penyendirian) atau uzlab (pengisolasian) untuk beberapa saat, memutus kesibukan dunia dan hiruk pikuk kehidupan dan dari obsesi orang-orang “kecil” yang disibukkan oleh kehidupan.”

Tidak ada komentar: